Pulau Untuk Menginap di Togean

 

Pilih Pulau Untuk Menginap di TogeanPilih Pulau Untuk Menginap di Togean

Pilih Pulau Untuk Menginap di Togean – Dimana menginap di Togean? Pertanyaan ini akan anda dapatkan ketika berkunjung ke togean. Pasalnya, banyak akomodasi, kelas cottage ataupun resort tersebar di banyak Pulau dari gugusan pulau-pulau kecil yang berada di tengah teluk Tomini ini. tulisan ini coba membantu anda ketika akan pilih pulau untuk menginap di togean.

Kepulauan Togean (atau togian) merupakan nama dari rangkaian pulau-pulau yang berjejer menyambung dari timur ke barat di tengah Teluk Tomini. Kepulauan Togean terdiri dari 7 {tujuh) pulau besar yaitu Pulau Batudaka, Pulau Togean, Pulau Talatako, Pulau Walea kodi (Walea Kecil), Pulau Walea Bahi (Walea Besar), Pulau Malenge dan Pulau Una-Una. Ke tujuh pulau tersebut dikelilingi oleh puluhan pulau-pulau kecil yang berpenghuni maupun kosong. Pulau Togean sendiri berada di tengah, diapit oleh Pulau Batudaka di bagian barat dan Pulau Talatako di sebelah timur yang hanya dipisahkan oleh selat sempit berjarak sekitar 50-100 meter.

Dari puluhan pulau yang ada di kepulauan Togean, terdapat 57 desa dengan populasi penduduk sekitar 40 ribu jiwa yang sebagian besar adalah suku Togean (togian), Bajo, Bobongko dan Saluan. Suku Bajo sebagian besar mendirikan perkampungan di Pulau-pulau kecil terluar sehingga menjadikan perkampungannya unik karena dijalin oleh rumah yang berjejer di atas air seperti di Pulau Papan dan Pulau Kabalutan.

Terpisah dari keramaian penduduk, di beberapa pulau kecil didirikan tempat menginap atau resort dengan bungalow dari kayu. Sebagian besar resort berada di pesisir utara kepulauan Togean, memiliki pantai berpasir putih halus (kecuali pulau Una-Una yang berpasir hitam halus) dan tersambung menyatu dengan taman karang tepi (fringing reef) yang masih terjaga. Setiap resort pantai memiliki keunikan tersendiri, dan semuanya disiapkan menjadi pilihan untuk tempat liburan dengan berbagai kegiatan wisata laut.

Pilihan Paket Tour Togean:

Pilih Pulau Untuk Menginap di Togean

Pilih pulau untuk menginap di Togean perlu memperhatikan beberapa interesting point atau destinasi utama berikut sehingga bisa jadi pertimbangan untuk dikunjungi ketika akan berwisata ke kepulauan Togean dan bisa pilih pulau untuk menginap di togean yang lebih dekat ke berbagai destinasi favorit.

Danau Mariona (Jellyfish Lake)

Pilih Pulau Untuk Menginap di Togean

Danau Mariona atau Danau Dagat Molino dalam bahasa suku Bobongko merupakan danau tempat Ubur-Ubur tidak menyengat (stingless Jellyfish). Danau ini terletak di sebelah utara pulau Togean, tepat disebelah pantai Karina yang berpasir putih lembut. Terdapat 3 jenis ubur-ubur tidak menyengat di Danau ini, yaitu yang berwarna coklat, transparan dan putih. Yang sering muncul ke permukaan dan mengelilingi traveler ketika snorkeling adalah yang berwarna coklat, sedangkan yang transparan jarang muncul ke permukaan dan dapat ditemui dikedalaman 2 meteran. Yang berwarna putih jarang ditemui kecuali saat yang berwarna coklat sedang berada di kedalaman danau. Jenis ubur-ubur tidak menyengat seperti ini hanya terdapat di 2 negara di Dunia, yaitu di Indonesia dan di Palau.

Karang Timbul Atol Pulau Angkaiyo

Pilih Pulau Untuk Menginap di Togean

Atol atau Karang Cincin merupakan salah satu tipe karang yang ada di Togean. Atol ini berada di belakang Pulau Angkaiyo, atau tepatnya disebelah utara dari Pulau Togean. Masyarakat sering menyebut Karang Timbul Atol Pulau Angkaiyo ini dengan nama Reef Dua. Di Atol ini terdapat palung laut yang sekelilingnya dipagari oleh terumbu karang dan ditengahnya terdapat kolam berpasir putih memanjang ke barat yang jernih airnya. Di sudut baratnya terdapat karang timbul yang merupakan patahan atau pecahan dari batang karang Table Coral (Acropora) yang terkumpul oleh arus dan ombak sehingga aman untuk diinjak. Jika laut sedang surut, gundukan patahan karang ini akan meluas hingga sekitar 30 meter, tempat ini bagus untuk berfoto maupun berenang atau snorkeling di dalam laguna atolnya yang memiliki warna laut hijau dan tosca dengan pasir putih dibawahnya. Dari arah gundukan karang timbul kedalaman sekitar 1 meter hingga semakin dekat ke palung semakin dalam.

Pulau Papan

Pilih Pulau Untuk Menginap di Togean

Rasanya tak lengkap mengunjungi togean jika belum menyusuri jembatan panjang di Pulau Papan. Jembatan yang hubungkan Pulau Malenge dan Pulau Papan ini punya panorama yang unik, beberapa ttaveler menyebutnya sebagai aquarium raksasa, ya dengan melongok ke lautnya yang jernih kita bisa melihat ikan bermain disitu. Air laut yang jernih dan gradasi warna yang tegas menjadi pemandangan yang akan ditemui jika berkunjung ke Pulau ini. Pulau Papan di huni oleh mayoritas suku Bajo, Suatu komunitas yang mengolah hasil laut sebagai mata pencaharian utama. Di depan Pulau Papan terdapat layanan akomodasi yang bisa menjadi tempat pilihan untuk liburan dengan pemandangan eksotis pulau Papan di depannya.

Pulau Kabalutan

Pilih Pulau Untuk Menginap di Togean

Pulau Kabalutan merupakan pemukiman suku Bajo terbesar di Kepulauan Togean. Desa yang terdiri dari 2 pulau kecil yang tersambung oleh deretan rumah yang didirikan diatas laut melingkar membentuk huruf C memiliki panorama yang unik dengan pulau-pulau kecil tidak berpenghuni di bagian timurnya. Di desa ini kita bisa menyaksikan kehidupan masyarakat dan menikmati pemandangan sekeliling Pulau dari atas bukit.

Pulau Togean

Tempat menginap yang terkenal berada di utara Pulau Togean, seperti di Pulau Kadidiri, Pulau Pangempa dan Pulau Bolilanga. Di Pulau Kadidiri terdapat 4 buah Resort. 3 buah resort berjejer di satu pantai panjang yaitu Black Marlin Dive Resort, Kadidiri Paradise dan Lestari Kadidiri. Agak terpisah dan baru adalah Harmony Bay. Black Marlin, Kadidiri Paradise dan Harmony Bay juga menyediakan layanan untuk menyelam. Dive Center yang telah terkenal adalah Black Marlin Dive Resort.

Dua resort lainnya di utara pulau Togean berada di Pulau Pangempa dan Pulau Bolilanga yang berada tepat di depan Desa Katupat. Pulau Bolilanga merupakan pulau kecil yang mempunyai pemandangan ke laut lepas dan ke pulau Togean.

Pulau Malenge 

Tips-pilih-pulau-untuk-menginap-di-togean

Pulau yang membujur dari timur ke barat ini wajib untuk dikelilingi ketika trip ke togean. Di sebelah utara banyak terdapat resort atau cottage berpasir putih yang bisa menjadi tempat pilihan liburan, dengan aktivitas snorkeling maupun diving. Untuk snorkeling ataupun Diving, tak jauh di sebelah utara adalah jejeran kelompok-kelompok karang besar di bagian utara pulau ini. Berjejer mulai dari reef satu atau dikenal dengan nama California Reef, reef dua atau Atol Pulau Angkaiyo, hingga reef Lima di bagian timur.

Pulau Malenge juga dihuni oleh Macaca Togeanus atau Kera endemik Kepulauan Togean, keberadaan kera ini memperkaya Indonesia sebagai negara Mega biodiversity.

Bomba

Desa Bomba berada didaratan Pulau Batudaka, desa yang menghadap ke Barat Daya ini di kelilingi oleh destinasi wisata unik seperti Kampung Bajo Pulau Siatu, Goa Capotana, dan Atol Menara yang memanjang di antara pulau Batudaka dan pulau Una-Una yang merupakan tempat diving atau snorkeling terbaik di sekitar tempat ini. Desa Bomba dikenal memiliki beberapa cottage atau resort di sekitarnya. Yang sudah lama berdiri adalah Poyalisa Cottage yang berada di Pulau Poya tepat di depan Desa Bomba. Hingga sekarang setidaknya terdapat 4 Resort/cottage di sekitar Bomba yang dapat dipilih. Beberapa Tempat menyediakan fasilitas untuk menyelam dan lainnya hanya untuk menginap dan snorkeling saja.

Pulau Una-Una

Pulau bulat dengan luas keliling sekitar 36 km ini merupakan satu-satunya pulau yang mempunyai Gunung Vulkanik yang masih aktif. Gunung Colo pernah meletus pada tahun 1983 dan mengungsikan sekitar 7000 jiwa menyebar di pulau Batudaka, Pulau Togean dan di daratan besar Pulau Sulawesi. Pulau Una-Una dikelilingi oleh gugusan Terumbu Karang yang masih alami dan menjadi tempat penyelaman terbaik di Kepulauan Togean, banyak ikan-ikan besar akan ditemui saat snorkeling atau diving disini. Pulau Una-Una merupakan rumah bagi Baraccuda, Jack Fish, Penyu, dan banyak biota laut lainnya. Di Pulau Una-Una sudah terdapat resort dan Homestay yang menyediakan fasilitas diving maupun sekedar menginap.

Dimana Menginap di Togean??

Pilih Pulau Untuk Menginap di Togean

Dengan sebaran tempat menginap untuk mengisi liburan di Pulau-pulau di sepanjang gugusan kepulauan Togean, anda dapat pilih pulau tempat menginap di togean. Semua Resort/cottage menawarkan pantai berpasir lembut sebagai tempat bersantai, berenang ataupun snorkeling di depannya. Sebagian lainnya menyediakan fasilitas menyelam dengan pemandu berpengalaman dan bersertifikat PADI.

Gugusan kepulauan Togean memerlukan mobilitas agar dapat menjangkau berbagai destinasi menarik, sehingga dengan waktu liburan yang terbatas dapat menikmati keberagaman tempat wisata yang ada di kepulauan togean. Layanan terpadu dari paket tour kami dapat menjangkau berbagai destinasi menarik dengan waktu yang lebih efisien dan jadwal yang terencana sesuai dengan kondisi kepulauan Togean yang terdiri dari banyak Pulau.

Hubungi Kami disini

 

Tips-pilih-pulau-untuk-menginap-di-togean